Pemanfaatan Telegram Bot Untuk Automatisasi Layanan Dan Informasi Mahasiswa Dalam Konsep Smart Campus

  • Gde Sastrawangsa STMIK STIKOM BALI

Abstract

Dalam penelitian ini diusulkan satu solusi untuk memaksimalkan layanan dengan automatisasi layanan mahasiswa dalam konsep Smart Campus. Automatisasi layanan ini dimulai dari pencarian segala informasi mengenai kampus, jadwal, hingga pengisian form. Layanan ini dilakukan dengan aplikasi messenger Telegram. Mahasiswa dapat berkomunikasi/chatting dengan Bot Telegram yang dirancang sedemikian rupa agar dapat memberikan informasi dan layanan kampus, serta dokumen lainnya yang akan digunakan untuk memudahkan urusan dengan bagian-bagian terkait di kampus. Aplikasi Telegram dipilih karena aplikasi ini gratis, ringan dan multiplatform dengan Bot API yang cukup lengkap dan makin berkembang. Respon Bot dirancang dinamis dengan memanfaatkan sumber daya yang digunakan dalam Smart Campus. Terdapat 13 command yang terbagi menjadi 3 kategori dibuat dalam penelitian ini sebagai prototype. Aplikasi diuji dengan cara mencoba semua command yang disediakan, dengan hasil pengujian yang memuaskan. Semua komunikasi mahasiswa dengan bot direkam dan diklasifikasikan untuk dapat digunakan pada penelitian selanjutnya.

Published
2017-08-31
How to Cite
SASTRAWANGSA, Gde. Pemanfaatan Telegram Bot Untuk Automatisasi Layanan Dan Informasi Mahasiswa Dalam Konsep Smart Campus. E-Proceedings KNS&I STIKOM Bali, [S.l.], p. 772-776, aug. 2017. ISSN 2460-8378. Available at: <https://knsi.stikom-bali.ac.id/index.php/eproceedings/article/view/138>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Issue
Section
Articles