Perancangan Aplikasi Virtual Reality Pengenalan Tempat Wisata di Sulawesi Utara Berbasis Android

  • Oktoverano Lengkong Universitas Klabat, Fakultas Ilmu Komputer
  • Virginia Kusen Universitas Klabat, Fakultas Ilmu Komputer
  • Christian Bryando Dauhan Universitas Klabat, Fakultas Ilmu Komputer

Abstract

Pengenalan tempat wisata alam di Sulawesi Utara menggunakan media baliho, brosur, koran, dan bertukar informasi dari kerabat yang pernah mengunjungi tempat wisata alam yang ada di Sulawesi Utara. Dengan menggunakan smartphone yang telah mendukung sensor Accelerometer dan Gyroscope, smartphone tersebut dapat terhubung dengan teknologi VR. Teknologi VR dapat membuat pengguna merasakan pengalaman untuk masuk ke dalam suatu dunia virtual yang responsive. Tujuan penelitian dapat menghasilkan Aplikasi Virtual Reality Pengenalan Tempat Wisata di Sulawasi Utara. Proses model yang digunakan peneliti sebagai acuan dalam penelitian ini adalah proses model Spiral. Aplikasi pengenalan objek wisata alam di Sulawesi Utara ini akan khususnya di daerah Tondano, Minahasa Utara dan Bitung. Penyajian yang dilakukan adalah dengan media foto panorama yang memiliki sudut 360o sehingga dapat melihat sekeliling gambar sepanjang 360o yang disebut panorama 360o . Penggunaan foto 360o dapat dijadikan sebagai media agar pengguna bisa merasa seperti benar-benar berada di tempat wisata alam tersebut.

Published
2017-08-31
How to Cite
LENGKONG, Oktoverano; KUSEN, Virginia; BRYANDO DAUHAN, Christian. Perancangan Aplikasi Virtual Reality Pengenalan Tempat Wisata di Sulawesi Utara Berbasis Android. E-Proceedings KNS&I STIKOM Bali, [S.l.], p. 575-580, aug. 2017. ISSN 2460-8378. Available at: <https://knsi.stikom-bali.ac.id/index.php/eproceedings/article/view/105>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Issue
Section
Articles