Perancangan Media Promosi Augmented Reality Menggunakan Markerless Pada STMIK STIKOM Bali

  • Pande Putu Gede Putra Pertama STMIK STIKOM BALI
  • Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti STMIK STIKOM BALI

Abstract

Promosi merupakan cara untuk menentukan keberhasilan bagi perusahaan dan organisasi, dalam melakukan pemasaran kepada para konsumen untuk memahami bentuk atau tujuan dari produk tersebut seperti brosur, katalog dan pamflet. Dunia pendidikan di Indonesia memiliki peranan yang sangat penting untuk menghasilkan kualitas yang terbaik, dalam hal ini kampus kususnya pada bagian marketing membutuhkan penerapan media promosi untuk memperluas kebutuhan pasar. Teknologi markerless pada Augmented Reality (AR) dapat diterapkan yang memiliki kamera, accelerometer, kompas dan GPS, data berupa koordinat dari server dan menggunakan peta. Pada penelitian ini dapat menggunakan smartphone berbasis sistem operasi android untuk membantu membaca objek dan titik koordinat. Objek 3D dibuat menggunakan aplikasi blender dan memanfaatkan fitur-fitur dari library vuforia, untuk pembuatan kode program menggunakan unity 3D. Hasil penelitian ini berupa perancangan Augmented Reality menggunkan markerless diharapkan dapat membantu pengguna untuk mengetahui promosi kususnya pada STMIK STIKOM Bali untuk memasarkan produk secara virtual dengan pola penanda markerless.

Published
2017-08-31
How to Cite
PUTRA PERTAMA, Pande Putu Gede; PIVIN SUWIRMAYANTI, Ni Luh Gede. Perancangan Media Promosi Augmented Reality Menggunakan Markerless Pada STMIK STIKOM Bali. E-Proceedings KNS&I STIKOM Bali, [S.l.], p. 419-424, aug. 2017. ISSN 2460-8378. Available at: <http://knsi.stikom-bali.ac.id/index.php/eproceedings/article/view/77>. Date accessed: 23 oct. 2017.
Issue
Section
Articles