EVALUASI HEURISTIC ANTARMUKA APLIKASI PENGENALAN ARSITEKTUR BANGUNAN METEN BALI

  • I Gede Harsemadi STMIK STIKOM BALI
  • Ida Bagus Suradarma STMIK STIKOM BALI
  • I Putu Widi Adnyana STMIK STIKOM BALI

Abstract

Aplikasi pengenalan arsitektur bangunan meten Bali merupakan inovasi baru dalam cara untuk memperkenalkan budaya Bali khusunya bangunan Meten yang merupakan bangunan rumah utama bagi masyarakat Hindu Bali. Saat ini masyarakat hindu Bali belum memahami betul apa itu meten, apa saja komponen arsitektur yang membangunnya, masyarakat kini lebih mementingkan segi keindahan bangunan meten tanpa mementingkan strata sosial yang ada pada masyarakat tersebut. Aplikasi ini dikembangkan dan diuji dari sisi Human Computer Interaction (HCI) menggunakan metode pengujian kemudahan penggunaan (usability) menggunakan metode heuristic evaluation dari Molich dan Nielsen. Hasil akhir dari penelitian ini berupa aplikasi yang dapat dijadikan referensi pembelajaran serta untuk memperkenalkan bangunan meten dengan lebih praktis, inovatif dan interaktif. Berdasarkan pengujian antarmuka aplikasi menggunakan metode evaluasi heuristic, secara umum desain antarmuka aplikasi ini sudah cukup baik dari segi kemudahan navigasi, pencegahan kesalahan, aplikasi mampu mengurangi beban memori penggunanya saat menjalankan aplikasi.

Published
2017-08-31
How to Cite
HARSEMADI, I Gede; SURADARMA, Ida Bagus; WIDI ADNYANA, I Putu. EVALUASI HEURISTIC ANTARMUKA APLIKASI PENGENALAN ARSITEKTUR BANGUNAN METEN BALI. E-Proceedings KNS&I STIKOM Bali, [S.l.], p. 350-355, aug. 2017. ISSN 2460-8378. Available at: <http://knsi.stikom-bali.ac.id/index.php/eproceedings/article/view/65>. Date accessed: 22 nov. 2017.
Issue
Section
Articles