Aplikasi Sistem Informasi Penyaluran Dana Bantuan Operasional Sekolah Berbasis Web Pada SD Negeri Cimone 4 Tangerang

  • Aris Aris STMIK RAHARJA
  • Siti Dewi Jayanti STMIK RAHARJA
  • Mella Setyowati STMIK RAHARJA
  • Wahyuni Wahyuni STMIK RAHARJA
  • Citra Kusuma STMIK RAHARJA

Abstract

Kebutuhan akan Teknologi Informasi sangat berhubungan dengan peran dari pengelolaan dana bos sebagai program standar pendidikan yang diperlukan untuk membiayai kegiatan operasi nonpersonalia selama 1 (satu) tahun sebagai bagian dari keseluruhan dana pendidikan agar satuan pendidikan dapat
melakukan kegiatan pendidikan secara teratur dan berkelanjutan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Penelitian ini menggunanakan metode analisa SWOT dan metode perancangan UML dan PHP dengan menggunakan database MYSQL. Dengan dibangunnya Aplikasi Sistem Informasi Bantuan Operasional Sekolah “BOS”, yakni dapat memberikan informasi kepada orang kepala sekolah maupun bendahara sekolah atau lembaga pendidikan mengenai masalah penyaluran keuangan dana BOS tersebut. Agar informasi yang diberikan disajikan dalam bentuk laporan khusus sehingga dapat disajikan secara tepat dan periodik mudah dimengerti dan mudah dalam penggunaannya. Salah satu contohnya adalah penerapan sistem informasi keuangan di perusahaan-perusahaan atau lembaga-lembaga lain, begitu juga di SDN Cimone 4 Hasil akhir dari penelitian ini berupa sistem yang dapat menyajikan laporan yang akurat dan uptodate sehingga memenuhi tujuan yang ingin dicapai oleh pemerintah pusat.

Published
2017-08-31
How to Cite
ARIS, Aris et al. Aplikasi Sistem Informasi Penyaluran Dana Bantuan Operasional Sekolah Berbasis Web Pada SD Negeri Cimone 4 Tangerang. E-Proceedings KNS&I STIKOM Bali, [S.l.], p. 19-24, aug. 2017. ISSN 2460-8378. Available at: <http://knsi.stikom-bali.ac.id/index.php/eproceedings/article/view/6>. Date accessed: 22 nov. 2017.
Issue
Section
Articles