Perancangan Media Promosi Berbasis Teknologi Near-Field Communication (NFC)

  • I Ketut Dedy Suryawan STMIK STIKOM BALI

Abstract

Dunia promosi di Indonesia saat ini masih sangat konvensional seperti memasang iklan di koran, memasang poster ditempat-tempat umum, menyebar flyer-flyer di jalanan, membuat baliho, dan iklan di televisi. Promosi dengan cara demikian memiliki kelemahan yaitu biaya konsumen kesulitan mendapat informasi yang lebih detail karena keterbatasan informasi yang dapat dimuat dalam media promosi konvensional, serta sifat nya yang statis dan tidak interaktif sehingga kurang menarik minat konsumen. Dengan keterbatasan informasi yang dapat dimuat dari media promosi konvensional tersebut, maka tidak jarang para konsumen mengalami kesulitan mencari informasi yang lebih detail mengenai promosi atau iklan yang dimaksud. Sebagai salah satu pemanfaatan teknologi Near Field Communication(NFC) dalam bidang promosi adalah dengan membuat Smart Poster, dimana Smart Poster yang dimaksud yaitu poster digital yang bisa diakses dengan ponsel pintar ataupun tablet yang sudah tertanam teknologi NFC. Dengan adanya akses konten secara digital maka isi dari media promosi bisa disampaikan lebih banyak, detail serta menarik karena bisa diisi dengan audio dan video. Dengan adanya Smart Poster ini diharapkan sangat membantu perusahaan yang melakukan promosi dengan lebih menarik dan efisien dengan memanfaatkan teknologi NFC pada ponsel. Diperlukan suatu perancangan untuk membuat dan menghasilkan pemodelan sistem pada tahap requirement, analysis, dan design yang disesuaikan dengan dan akan diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman pada penelitian berikutnya. Metode perancangan menggunakan zachman framework dengan UML sebagai basis pemodelan. Hasil penelitian diharapkan mampu memberikan gambaran dan rancangan model secara menyeluruh terhadap data – data tentang media promosi dengan tekmologi NFC untuk mengoptimalkan data menjadi informasi. Hasil penelitian adalah sebuah rancangan atau model untuk mempermudah pengembang aplikasi dalam membuat dan membangun aplikasi berdasarkan rancangan tersebut.

Published
2017-08-31
How to Cite
DEDY SURYAWAN, I Ketut. Perancangan Media Promosi Berbasis Teknologi Near-Field Communication (NFC). E-Proceedings KNS&I STIKOM Bali, [S.l.], p. 291-296, aug. 2017. ISSN 2460-8378. Available at: <http://knsi.stikom-bali.ac.id/index.php/eproceedings/article/view/55>. Date accessed: 06 dec. 2024.
Issue
Section
Articles