Penerapan Metode Analytical Hierarky Process (AHP) Pada Penentuan Pemberian Kredit Usaha Rakyat Berbasis Web Pada PT.Bank Rakyat Indonesia

  • Indra Samsie Sistem Informasi STMIK Dipanegara Makassar
  • Abdul Ibrahim Teknik Informatika STMIK Dipanegara Makassar
  • Hermanto Syam Teknik Informatika STMIK Dipanegara Makassar
  • Muhammad Ilham Nur Teknik Informatika STMIK Dipanegara Makassar

Abstract

Kredit usaha rakyat (KUR) adalah jenis kredit yang diberikan oleh bank bagi pelaku usaha, mikro, kecil, menengah dan koperasi (UMKM-K). Seiring dengan tingginya minat masyarakat dalam mengajukan kredit kepada pihak bank menimbulkan masalah lain yaitu lambatnya proses pengolahan data pengajuan kredit untuk menentukan kelayakan nasabah yang menerima KUR. Tingginya minat masyarakat dalam pengajuan kredit tentunya haruslah didukung dengan adanya sistem pendukung keputusan yang mampu membantu analis kredit dalam menentukan kredit yang diajukan. Dengan demikian langkah yang akan digunakan adalah merancang sistem pendukung keputusan pemberian kredit dengan metode Analytical Hierarcy Process (AHP) berbasis WEB. dimana metode AHP dapat digunakan dalam pengambilan keputusan yang multikriteria, mengingat bahwa dalam penentuan kelayakan, tiap nasabah harus diperhadapkan dengan berbagai kriteria yang menjadi ketetapan oleh pihak bank. Sedangkan penggunaan website atau web sendiri ini dimaksudkan guna memberikan kemudahan nasabah dalam mengakses baik itu informasi maupun dalam mengajukan kredit, dan memberikan kemudahan bagi pihak bank dalam mengelola data pengajuan kredit nasabah sehingga aktifitas dari otoritas dari bank dalam bekerja lebih efisien, cepat dan tepat.

Published
2017-09-14
How to Cite
SAMSIE, Indra et al. Penerapan Metode Analytical Hierarky Process (AHP) Pada Penentuan Pemberian Kredit Usaha Rakyat Berbasis Web Pada PT.Bank Rakyat Indonesia. E-Proceedings KNS&I STIKOM Bali, [S.l.], p. 7-12, sep. 2017. ISSN 2460-8378. Available at: <http://knsi.stikom-bali.ac.id/index.php/eproceedings/article/view/3>. Date accessed: 22 sep. 2017.
Issue
Section
Articles