Segmentasi Bagian Paru-Paru di Citra 2D CT-Scan

  • Naser Jawas STIKOM Bali

Abstract

CT-Scan merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengambil gambar keadaan bagian dalam tubuh kita. Salah satu kegunaan CT-Scan adalah untuk mengambil gambar paru-paru. Gambar paru-paru yang dihasilkan tersebut berupa potongan melintang baik di posisi horizontal maupun vertikal. Pada setiap potongan tersebut terdapat berbagai bagian tubuh lainnya di luar bagian paru-paru, seperti: tulang dada dan bagian pembungkus paru lainnya. Aplikasi medis yang
menggunakan citra CT-Scan pada paru-paru umumnya membutuhkan analisa yang khusus di bagian paru-paru. Sehingga penentuan lokasi paru-paru menjadi sangat penting untuk berbagai aplikasi medis yang menggunakan citra jenis ini. Namun mengetahui lokasi paru-paru yang tepat secara komputasi tidaklah mudah karena intensitas cahaya pada bagian paru-paru mirip atau serupa dengan bagian lunak lainnya. Oleh karena itu, pada penelitian ini, kami mengusulkan sebuah metode untuk melakukan segmentasi bagian paru-paru secara otomatis dari citra 2D CT-Scan. Metode yang digunakan adalah metode analisa morphologis yang menggambarkan objek-objek di dalam citra 2D SC-Scan sebagai blob-blob putih. Hasil segmentasi yang dihasilkan menunjukkan tingkat akurasi yang cukup tinggi dan memiliki potensi untuk dikembangkan ke aplikasi medis selanjutnya.

Published
2017-08-31
How to Cite
JAWAS, Naser. Segmentasi Bagian Paru-Paru di Citra 2D CT-Scan. E-Proceedings KNS&I STIKOM Bali, [S.l.], p. 803-808, aug. 2017. ISSN 2460-8378. Available at: <http://knsi.stikom-bali.ac.id/index.php/eproceedings/article/view/147>. Date accessed: 20 sep. 2018.
Issue
Section
Articles