Analisis Business Architecture Perpustakaan STMIK STIKOM Bali

  • Nyoman Ayu Nila Dewi STIKOM Bali

Abstract

Perpustakaan merupakan salah satu unit yang terpenting dalam suatu bidang pendidikan yakni sebuah perguruan tinggi. Pendirian perguruan tinggi memiliki aturan dimana harus memiliki suatu perpustakaan. Perpustakaan di STMIK STIKOM Bali telah memanfaatkan beberapa teknologi dalam proses bisnis yang ada. Pemanfaatan teknologi yang ada saat ini adalah komputer box yang digunakan oleh mahasiswa maupun pengunjung lain untuk melakukan suatu pencarian data. Pemanfaatan sistem lainnya yaitu dengan pemanfaatan sistem komputer desktop yang digunakan petugas untuk mendata buku keluar dan buku masuk, serta memperhitungkan denda yang diterima pada saat pengembalian buku. Beberapa proses bisnis lainnya belum memanfaatkan suatu teknologi dalam pendataan proses binsis perpustakaan. Permasalahan yang ada saat ini dimana perpustakana belum memiliki suatu sistem informasi website yang digunakan untuk memberikan informasi tentang buku dan karya ilmiah serta aktifitas yang ada diperpustakaan. Beberapa proses bisnis yang ada saat ini pun masih memiliki suatu kendala dalam pendataan. Melihat permasalahan yang dihadapi maka dalam penelitian ini akan
dilakukan suatu perencanaan pengambangan sistem informasi menggunakan framework togaf untuk merencanakan suatu pengembangan sistem informasi pada perpustakaan. Hasil dari penelitian memberikan suatu gambaran untuk pengembangan suatu sistem informasi yang menghubungkan suatu sub-sub sistemdengan proses bisnis perpustakaan. 

Published
2017-08-31
How to Cite
AYU NILA DEWI, Nyoman. Analisis Business Architecture Perpustakaan STMIK STIKOM Bali. E-Proceedings KNS&I STIKOM Bali, [S.l.], p. 797-802, aug. 2017. ISSN 2460-8378. Available at: <http://knsi.stikom-bali.ac.id/index.php/eproceedings/article/view/146>. Date accessed: 23 oct. 2017.
Issue
Section
Articles