Evaluasi Kepatuhan Wajib Pajak (Hotel) dalam memanfaatkan aplikasi Pelaporan Pajak Online Berbasis Algoritma Naive Bayes Classifier (Studi Kasus : Dinas Pendapatan Kota Pasuruan Jawa Timur)

  • R Dimas Adityo Teknik Informatika Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Herti Miawarni Teknik Elektro Universitas Bhayangkara Surabaya

Abstract

Kesuksesan Pembangunan Sebuah wilayah pemerintahan di Indonesia, pada era otonomi daerah tergantung oleh Pendapatan Asli Daerah dari wilayah itu sendiri. Saat ini penerapan Pelaporan Pajak (Hotel) daerah Kota Pasuruan telah menggunakan teknologi Online (Berbasis Web), dengan tujuan sistem pelaporan dapat berjalan efektif dan efisiensi dalam menerima laporan keuangan khususnya dari Wajib Pajak Pengelola Hotel. Pasuruan Sebagai salah satu kota kecil yang cukup berkembang dengan pesat di Jawa Timur, telah menerapkan role model System Pelaporan Pajak Online sejak tahun 2015, dengan jumlah 6 hotel yang ada, terdapat beberapa kelas hotel mulai dari kelas Melati hingga kelas Bintang Tiga. Setelah penerapan sistem berjalan selama 1.5 tahun ( 18 bulan ) (2015 - 2016), dari data yang ada, sangat menarik sekali untuk dilakukan penelitian mengenai analisis tingkat kepatuhan Wajib Pajak (Hotel) dalam melaporkan Pendapatannya. Pada penelitian ini dirancang dan dibangun sebuah sistem untuk mengevaluasi tingkat kepatuhan kinerja dari Wajib Pajak (WP) pada tahun ke - 2 (2016) dan diklasifikasi dalam kategori (1) Wajib Pajak(WP)Sangat Taat (ST),(2) Wajib Pajak(WP) Cukup Taat(CT),(3) Wajib Pajak(WP) Kurang Taat(KT). Data input akan diproses menggunakan teknik data mining algoritma Naive Bayes Classifier (NBC) untuk membentuk tabel probabilitas sebagai dasar proses klasifikasi tingkat kepatuhan Wajib Pajak, Berdasarkan hasil pengukuran, hasil pengujian menunjukkan dengan akurasi sebesar 50% yaitu 3 Wajib Pajak Merupakan Golongan Sangat Taat (ST) Membayar Pajak. Kemudian dari klasifikasi tersebut, penelitian dapat dijadikan rekomendadi solusi untuk memandu para Wajib Pajak dalam melaporkan pendapatannya dengan baik dan benar.

Published
2017-08-31
How to Cite
ADITYO, R Dimas; MIAWARNI, Herti. Evaluasi Kepatuhan Wajib Pajak (Hotel) dalam memanfaatkan aplikasi Pelaporan Pajak Online Berbasis Algoritma Naive Bayes Classifier (Studi Kasus : Dinas Pendapatan Kota Pasuruan Jawa Timur). E-Proceedings KNS&I STIKOM Bali, [S.l.], p. 647-653, aug. 2017. ISSN 2460-8378. Available at: <http://knsi.stikom-bali.ac.id/index.php/eproceedings/article/view/118>. Date accessed: 23 oct. 2017.
Issue
Section
Articles