Perancangan Multimedia Pembelajaran Fisika Pada Materi Besaran Dan Satuan

  • I Gusti Made Murjana STMIK STIKOM BALI
  • Ni Luh Ayu Kartika Yuniastari Sarja STMIK STIKOM BALI

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan proses yang melibatkan komunikasi antara siswa dan guru. Proses tersebut. Dalam proses belajar mengajar terdapat materi atau pesan yang disampaikan antara pemberi dan penerima. Media pembelajaran merupakan saluran untuk menyampaikan pesan atau materi pelajaran. Pada awalnya media pembelajaran masih menggunakan media pembelajaran konvensional sehingga kurang menarik. Pelajaran Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang didapatkan oleh siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pelajaran Fisika dapat dikatakan merupakan salah satu pelajaran yang memerlukan perhitungan dan pemahaman serta konsentrasi yang baik selain matematika. Kurangnya minat belajar dan pemahaman siswa dalam pelajaran fisika dikarenakan proses belajar mengajar yang terkadang membosankan. Dengan perkembangan multimedia saat ini, dapat dijadikan salah alternatif pengembangan media pembelajaran. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan software flash. Berdasarkan permasalahan yang telah dijelaskan, maka dalam penelitian ini akan melakukan pengembangan multimedia interaktif pembelajaran fisika pada materi besaran dan satuan berbasis flash. Metode penelitian yang digunakan adalah model Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari tahapan concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution Hasil penelitian ini berupa dokumen perancangan yaitu flowchart, use case diagram, sequence diagram, activity diagram, class diagram dan rancangan user interface.

Published
2017-08-31
How to Cite
MURJANA, I Gusti Made; YUNIASTARI SARJA, Ni Luh Ayu Kartika. Perancangan Multimedia Pembelajaran Fisika Pada Materi Besaran Dan Satuan. E-Proceedings KNS&I STIKOM Bali, [S.l.], p. 563-568, aug. 2017. ISSN 2460-8378. Available at: <http://knsi.stikom-bali.ac.id/index.php/eproceedings/article/view/103>. Date accessed: 23 oct. 2017.
Issue
Section
Articles