ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA ELEARNING MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION

  • I Gusti Ngurah Satria Wijaya STMIK STIKOM BALI
  • I Wayan Kayun Suwastika STMIK STIKOM BALI

Abstract

Kepuasan pengguna merupakan salah satu hal yang menjadi alat ukur dalam keberhasilan sebuah sistem. Salah satu sistem yang dapat diukur untuk menilai keberhasilan sistem adalah website sebagai media penyebar informasi dan sangat mudah diakses kapan saja dan dimana saja. Elearning STIKOM Bali merupakan salah satu media pembelajaran yang digunakan dalam proses perkuliahan. Elearning digunakan untuk media penyebaran materi dan pengerjaan tugas mahasiswa. Sistem ini digunakan untuk mengurangi penggunaan kertas dan menghindari keterlambatan penyampaian materi ke mahasiswa. Analisa kepuasan pengguna dalam penggunaan sistem elearning sampai saat ini belum dilakukan suatu penilaian terhadap kepuasan pengguna sistem tersebut. Penilaian kepuasan pengguna terhadap sistem tersebut merupakan suatu hasil dan penilaian keberhasilan dari website tersebut. Dari permasalahan tersebut maka untukpermasalahan ini akan dilakukan suatu analisis untuk mengukur kepuasan pengguna yang dalam hal ini adalah mahasiswa sebagai pengguna sistem yang dapat menilai kepuasan terhadap sistem. pengukuran kepuasan pengguna dalam permasalahan ini menggunakan metode EUCS (End User Computing Satisfaction). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, nilai hasil evaluasi isi adalah 3.8425, akurasi adalah 3.825, bentuk adalah 3.703, kemudahan pemakaian adalah 3.600 dan ketepatan waktu adalah 3.709. Sesuai dengan hasil evaluasi, didapatkan bahwa nilai evaluasi kelima indikator > 3. Hal ini menunjukkan secara keseluruhan, mahasiswa cukup puas dengan aplikasi Elearning pada STIKOM Bali

Published
2017-08-31
How to Cite
SATRIA WIJAYA, I Gusti Ngurah; KAYUN SUWASTIKA, I Wayan. ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA ELEARNING MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION. E-Proceedings KNS&I STIKOM Bali, [S.l.], p. 558-562, aug. 2017. ISSN 2460-8378. Available at: <http://knsi.stikom-bali.ac.id/index.php/eproceedings/article/view/102>. Date accessed: 22 nov. 2017.
Issue
Section
Articles